Pentingnya Manajemen Proyek

Jika Anda adalah seorang Project Manager (PM), ada berapa banyak proyek yang Anda kelola dan akhirnya terpaksa dihentikan karena kekurangan dana, kerjasama atau kurang fokus? Anda tidak sendirian, Setiap Project Manager profesional mengalami hambatan ini. Setiap hari ketika Anda ke kantor, Anda merasa bahwa ada sesuatu yang salah dengan proyek yang Anda tangani. Trik untuk menjadi Project Manager yang sukses cukup sederhana – Anda harus mengelola proyek dan tidak membiarkan proyek mengelola Anda.

Tahukah Anda apa yang membuat seseorang bisa menjadi Good Project Manager?  yaitu kegigihan atau persistent. Ini adalah salah satu kualitas yang dimiliki oleh orang-orang yang sukses. Semua proyek pasti menghadapi masalah, dan pernah berada didalam situasi yang chaos. Yang penting adalah, bagaimana Anda mengelola situasi tersebut lah yang menentukan tipe Project Manager yang seperti apa Anda. Begitu Anda belajar mendetailkan langkah-langkah untuk proyek dan mengintegrasikannya, secara rasional, Anda akan menemukan lebih sedikit chaos dalam proyek Anda. Dan tingkat tekanan dan stres dalam proyek-proyek tersebut akan berkuran, dan proyek Anda akan mulai berjalan jauh lebih lancar.

Untuk dapat mengelola proyek Anda sehingga menjadi less-stress, Anda membutuhkan Manajemen Proyek. Berikut adalah beberapa poin utama yang membuat manajemen proyek simple dan sangat bermanfaat:

  1. Mimpi, peluang, atau masalah apa pun bisa menjadi proyek. Manajemen proyek adalah cara untuk mewujudkan impian Anda, meraih peluang, dan memecahkan masalah.
  2. Manajemen proyek membuat hal-hal besar menjadi kecil. Kumpulkan informasi, buat rencana, lakukan pekerjaan, dan masalah akan diselesaikan jauh lebih cepat dari yang Anda kira.
  3. Manajemen Proyek bekerja untuk semua orang.
  4. Manajemen proyek membuat kita keluar dari kekacauan.
  5. Manajemen proyek mudah dipelajari. Ini merupakan gabungan dari akal sehat, pikiran yang sehat, dan menyelesaikan pekerjaan selangkah demi selangkah. 

Akan tetapi, manajemen proyek sama seperti baseball. Yang alami bisa menjadi pitcher yang hebat. Tetapi siapa pun yang memiliki keterampilan dan keinginan dapat belajar melemparkan bola, bersenang-senang, dan membawa bola kepada orang yang ingin menangkapnya. Anda akan belajar untuk melemparkan produk ke pelanggan Anda, mereka akan menangkapnya, dan mereka akan menyukai apa yang mereka dapatkan.

 

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *